PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Sistem
informasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi
yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media
prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur
komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal
kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan
eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan
keputusan. Menurut Mc leod : “Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai
kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan
berbagai media untuk menampilkan informasi “ Salah satu bagian sistem informasi
yaitu sistem pemrosesan transaksi/transaction processing system (TPS). Sistem pemrosesan
transaksi merupakan subsistem input yang mempunyai peranan penting dalam
aktivitas organisasi dengan cara mengumpulkan data dari sumber– sumber baik
dari dalam maupun dari luar lingkungan perusahaan, dan mentransformasikannya
kedalam database.
Transaction
Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang
dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi
bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS menghapus rasa bosan
saat melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang
masih harus memasukkan data ke sistem komkputer secara manual. Sistem
pemrosesan transaksi sangat penting karena merupakan dasar sistem bisnis yang
melayani level operasional dalam organisasi. Output dari sistem ini akan
menjadi input bagi sistem-sistem yang berada pada level manajemen dan level
strategis. Setiap proses bisnis dimulai dari saksi, sehingga sistem pemrosesan
transaksi yang ditempatkan oleh suatu perusahaan akan mempengaruhi proses bisnis
yang dijalankan
mengurangi
waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke sistem komkputer secara
manual. Sistem pemrosesan transaksi sangat penting karena merupakan dasar
sistem bisnis yang melayani level operasional dalam organisasi. Output dari
sistem ini akan menjadi input bagi sistem-sistem yang berada pada level
manajemen dan level strategis. Setiap proses bisnis dimulai dari saksi,
sehingga sistem pemrosesan transaksi yang ditempatkan oleh suatu perusahaan
akan mempengaruhi proses bisnis yang dijalankan
Pengelolaan bisnis
dengan mempergunakan produk software-software akuntansi yang tersedia seperti MYOB,
Zahir, Ms. Excel, Accurate, Krishand, dan SPSS. Terdapat beberapa feature apa yang
ada di dalam software-software akuntansi tersebut dan feature apa yang tidak ada
di dalam software-software akuntansi tersebut dan membandingkannya yang mana yang
paling banyak digunakan. Dengan demikian diharapkan calon pengguna akan memperoleh
gambaran kecocokan software-software akuntansi yang tersedia apabila akan
diterapkan dan di implementasikan untuk membantu pengelolaan bisnis.
PEMBAHASAN
A.
MYOB
Accounting
Pengertian
“MYOB ‘
(Manage Your Own Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi
secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi
akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir
yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara
otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan
berakhir dengan laporan keuangan.
Terdapat tiga versi MYOB yang beredar di Indonesia,
yaitu:
- MYOB basic adalah varian MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaanya tidak disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan menginginkan laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul Inventory, tidak ada modul Pembelian, kartu stock, laporan utang, dan tidak bisa send to excel secara otomatis.
- MYOB Accounting yang saat ini beredar adalah MYOB versi 18. Satu perbedaan mencolok antara MYOB Basic dengan MYOB Accounting adalah, MYOB Accounting sudah dilengkapi denga fitur untuk melacak persediaan. Secara konsep akuntansi disebut sebagai catatan persediaan perpetual. Jadi setiap ada mutasi barang akan terlacak (barang masuk akibat pembelian atau retur penjualan, maupun barang keluar akibat penjualan atau retur pembelian).
- MYOB Premier adalah varian MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier dengan MYOB Accounting adalah fasilitas MYOB premier untuk menangani transaksi multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang, serta fasilitas multiuser.
Tambahan fitur dan Perbedaan antara MYOB Accounting
dan MYOB premier
Versi terakhir untuk MYOB Accounting adalah Versi 18,
sedangkan MYOB Premier adalah Versi 12. Versi baru tersebut memberikan beberapa
tambahan fitur baru dan kelebihan MYOB dibandingkan dari versi sebelumnya.
Beberapa hal baru tersebut diantaranya adalah :
- Tampilan Menu Pembuka
- Tampilan Help Index yang Lebih Lengkap
- Editing di transaksi Pay Bill yang sudah di Record
- Editing di transaksi Receive Payment yang sudah di Record
- Lock Period yang fleksible (berdasarkan tanggal)
- Tombol Password digantikan dengan User’s ID
- Fasilitas Spelling (dalam Bahasa Inggris)
- Tambahan pilihan Search by untuk Item List, Card File, Location List dan Activities List
- Laporan pengelompokan Item berdasarkan Item dan Location
- Preview cetakan form untuk Purchase Order, Invoices, Payment (Cheque) dan Receive
- Customise Form Statements dan Remittance Advices dengan field yang ditambahkan lebih lengkap
- Tambahan Access Undo Reconciliatioan di User Access Preferences
Secara singkat perbedaan mendasar yang sangat penting yang harus diketahui
pada penggunaan MYOB Accounting dengan MYOB Premier:
- MYOB ACCOUNTING :
1.
Single User (Hanya dapat digunakan 1 Userl)
2.
Single Currency (Haya dapat menggunakan Satu Mata Uang)
- MYOB PREMIER
1.
Multi User (Banyak Pengguna, lebih dari 1 user) Maksimal 25 User.
2.
Multi Currency (Lebih dari satu mata uang)
MYOB Accounting dapat diterapkan
pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun
industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain. Program MYOB
(Manage Your Own Business) ini dibuat oleh Data-Tech Software Pty. Ltd.
Australia. Data-Tech Software merekomendasikan M.Y.O.B Accounting arsitek,
konsultan, galeri seni, salon kecantikan, kontraktor dan sebagainya. M.Y.O.B
Accounting sudah menyediakan chart of account (daftar rekening) siap pakai
menggunakan bahasa Inggris untuk 105 jenis perusahaan yang dapat dibaca dalam
lampiran. Software ini banyak sekali digunakan di Indonesia, bahkan telah
menjadi materi wajib bagi siswa SMK atau mahasiswa perguruan tinggi Akuntansi,
lembaga kursus khususnya untuk materi computer Akuntansi. Software ini akan
terasa powerful ketika diintegrasikan dengan software MYOB lain seperti MYOB
Fixed Asset, MYOB Point Of Sale. Tampilan yang familiar, mudah digunakan, dan
gampang dipelajari sehingga digunakan oleh orang banyak. Perbaikan dan
penambahan fitur baru telah membawa MYOB pada versi 17. MYOB juga telah terbit
untuk edisi Eropa dan Edisi Amerika (MYOB Premier Accounting Plus), MYOB Edisi
Asia dan versi Original yang MYOB Accounting Plus Versi 13 di Indonesia.
Modul-modul yang disediakan oleh
MYOB accounting:
- Account digunakan untuk membuat daftar perkiraan dan melakukan jurnal umum.
- Banking untuk mencatat perkiraan yang berhubungan dengan transaksi bank, selain membeli maupun menjual barang dagang.
- Sales untuk mencatat penjualan barang, termasuk penerimaan piutang dan segala yang berhubungan dengan penjualan tersebut.
- Time Billing untuk mencatat dan mengatur waktu yang diset secara otomatis untuk pembayaran baik untuk klien maupun aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan waktu.
- Purchase untuk mencatat pembelian barang, termasuk membayar hutang dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pembelian barang tersebut.
- Payroll untuk mencatat tentang gaji, upah, pajak dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pegawai atau karyawan.
- Inventory untuk mencatat persediaan barang dagang khusunya perusahaan dagang
- Card File untuk mencatat dan mengatur secara permanen data-data pelanggan, pemasok, pegawai dan hubungannya dengan pihak lain.
Kelebihan dan Kelemahan MYOB Accounting
Berikut diuraikan kelebihan dan
kelemahan MYOB Accounting diantaranya adalah sebagai berikut:
Ø Kelebihan menggunakan program MYOB
Accounting:
1.
Easy ofuse, MYOB menawarkan
kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakan MYOB
walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali.
Kuncinya adalah set up dan implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang paling
penting dalam penerapan MYOB adalah pada saat proses set up, dimana proses
bisnis yang ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan mempergunakan alat
bantu MYOB, sehingga dalam pelaksanaan kesehariannya, pengguna hanya mengikuti
proses bisnis yang telah disusun sebelumnya.
2.
Accounting Power, Software MYOB
telah cukup lama dikembangkan dan secara berkesinambungan mengeluarkan
perbaikan release. Sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software
MYOB cukup dapat diandalkan. Sepanjang set up yang dilakukan telah dilakukan
dengan baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
3.
Feature Job dan Category yang dapat
digunakan untuk pengelolaan proyek serta departmentalisasi, sehingga dapat
diperoleh laporan manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna bagi
manajemen untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang
harus dilakukan.
4.
Proses instalasi dan maintenance
yang murah. Instalasi MYOB dapat dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak
dipungut biaya maintenance tahunan, artinya walaupun release terbaru telah
dikeluarkan oleh MYOB, para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat
menggunakannya, dan apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian up grade dengan
harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pembelian baru.
5.
Tenaga kerja yang mengetahui dan
paham atau setidaknya mengetahui MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah
banyak berkembang lembaga pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga
pendidikan tingkat universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian
dari pelajaran Accounting.
6.
Dapat digunakan untuk memantau 3
tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih dapat
melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses tutup
buku.
7.
Nilai investasi yang relatif murah.
Harga produk termahal adalah kurang dari USD 1.000,- (di luar training dan
implementasi). Kuncinya adalah pelaksanaan set up dan implementasi. Memilih
perusahaan yang memiliki tenaga yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan
implementasi MYOB. Lebih banyak perusahaan yang telah diimplementasikannya,
tentunya lebih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pengalaman konsultan
tersebut.
8.
Jangka waktu implementasi yang
relatif cepat. Sepanjang data untuk keperluan implementasi seperti data detail
neraca dan rugi laba dapat disiapkan dengan cepat, maka implementasi MYOB akan
dapat diselesaikan dengan cepat pula.
Ø Kelemahan menggunakan program MYOB
Accounting
1.
Database MYOB merupakan data base
yang dikunci, artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan,
modifikasi field di MYOB, sehingga customization apabila diperlukan relatif
sulit dipenuhi oleh MYOB
2.
MYOB merupakan software buatan luar negeri
sehingga tidak ada feature perpajakan didalamnya. Pembuatan laporan yang
berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak
tersedia didalam MYOB dan harus dikelola diluar software MYOB.
3.
Tidak ada modul efixed assets,
sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang
dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang
memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan
keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
4.
Kelemahan Multi Warehouse yang
mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola didalam
MYOB.
5.
MYOB tidak dapat digunakan untuk
mengelola perusahaan dengan multicompany, artinya laporan konsolidasi tidak
dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
Gambar MYOB
Accounting
B.
Zahir Accounting
Pengertian
Zahir Accounting
adalah sebuah program akuntansi berbahasa Indonesia yang mudah digunakan, berkualitas
dan berdaya guna tinggi serta dirancang tepat dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah
di Indonesia. Zahir Accounting merupakan software akuntansi lokal oleh PT Senayan
Abadi. Zahir sangat mudah diaplikasikan tanpa harus mengerti ilmu akuntansi. Zahir
Accounting mampu menyajikan data seketika mengenai stok barang, laba rugi, utang
piutang, dan analisis data. Software ini sangat membantu pengusaha untuk mengambil
keputusan. Zahir Accounting cocok digunakan untuk segala jenis usaha. Misalnya perusahaan
ekspor impor, minimarket, supermarket, toko, penerbitan, restoran, dan manufaktur.
Dalam hal kepentingan perpajakan, Zahir juga telah menyediakan fitur Pajak Penjualan
(PPN) yang berlaku di Indonesia. Nilai transaksi yang dapat dicover software ini
bisa mencapai 15 digital atau setara dengan 920 triliun. Standar akuntansi yang
digunakan pun sudah sesuai dengan standar akuntansi yang ada di Indonesia, terkait
pencatatan dan pelaporan keuangannya. Seluruh transaksi dibuat dalam bentuk formulir
yang mudah dipahami dan sering digunakan dalam bisnis sehari-hari, mengisinya semudah
mengisi nota penjualan atau menulis cek, seluruh proses akuntansi, laporan dan grafik
otomatis dibuat. Zahir Accounting Software disebut business management software.
Zahir sendiri mendukung dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Indonesia. Zahir Accounting
kini sudah mencapai versi 5.1 dan sudah digunakan oleh sekitar 7.000 perusahaan
di Indonesia. Software ini dijual mulai dari Rp.990.000 – Rp.15juta. Merupakan harga
yang cukup murah dibanding software UKM yang beredar di luar negeri.
Kelebihan dan Kelemahan Zahir Accounting
Berikut diuraikan kelebihan dan kelemahan
Zahir Accounting diantaranya adalah sebagai berikut:
Ø Kelebihan menggunakan program Zahir Accounting
1.
Zahir Accounting menggunakan bahasa Indonesia
yang mudah dimengerti (terdapat menu untuk memilih bahasa).
2.
Lebih Mudah Digunakan
3.
Sistem yang digunakan Zahir lebih sesuai
untuk Indonesia, menggunakan sistem double entry (ada laporan jurnal dengan format
debet-kredit, yang bisa diaudit dan sesuai dengan standar akuntansi Indonesia).
4.
dapat dengan mudah mencetak faktur pajak
sederhana dan standar menggunakan Zahir Accounting (form faktur pajak telah disediakan,
cukup input penjualan dan bisa langsung cetak faktur pajak).
5.
Hampir sebagian besar software import
dengan harga dibawah 20 juta memiliki keterbatasan pada jumlah digit nilai transaksi,
yaitu hanya 8 digit saja atau setara dengan Rp 99 juta. Sedangkan Zahir Accounting
mampu mencatat nilai transaksi hingga 15 digit atau setara dengan Rp 920 trilyun.
6.
Fasilitas ini hampir tidak pernah ada
di software asing, karena sistem cek atau giro mundur tidak dikenal di negara mereka.
7.
Dijual Secara Rakitan
8.
Hampir semua software import dengan harga
dibawah Rp.100 juta, tidak memiliki fasilitas Serial Number, Lot Number dengan Expire
Date, Sinkronisasi Data Antar Cabang, Auto Purchase order, dan berbagai fasilitas
unik lainya, namun ada di Zahir Accounting.
9.
Laporan Bisa di Klik
10. Tim Support Zahir
Accounting ada di Indonesia
Ø Kelemahan menggunakan program Zahir Accounting
1.
Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis
menghitung biaya perjam, per buruh dan biaya lain dalam akuntansi biaya.
2.
Pada Zahir edisi Flexy Money tidak tersedia
fasilitas harga tetap, proyek dan departemen.
3.
Zahir Accounting edisi pendidikan belum
mendukung pengeditan (un posting) transaksi penjualan dan pembelian.
4.
Tidak memberikan rekomendasi tentang
kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir Pos.
5.
Zahir Pos kurang cepat dan responsif
khususnya pada saat menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak
faktur.
Gambar Zahir
Accounting
C.
Accurate Accounting
Pengertian
Accurate Accounting
adalah Software akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory,
dan General Ledger yang terintegrasi. ACCURATE Accounting Software diciptakan oleh
putra dan putri Bangsa Indonesia yang berdiri di bawah bendara PT.Cipta Piranti
Sejahtera, lebih dikenal dengan sebutan CPS Soft, yang berlokasi di Jakarta. ACCURATE
Accounting Software merupakan software pertama yang dikembangkan oleh CPS Soft.
Dalam mengembangkan software, CPS Soft selalu menggunakan pinsip dasar 3 M, yaitu
Murah, Massal, dan ber-Manfaat. Pertama kali diluncurkan untuk kalangan umum pada
bulan November 1999, dengan memanfaatkan event pameran komputer terbesar di Indonesia
setiap tahun yaitu Indocom tech 1999 yang diselenggarakan JHCC, Jakarta. Versi yang
diluncurkan pada waktu itu adalah Versi 1.0, dengan nama Accurate 2000 Accounting
Software. ACCURATE versi perdana tersebut diluncurkan dengan angka 2000 di belakang
nama ACCURATE karena waktu itu software tersebut dikembangkan sudah Y2K Ready, dan
target pasarnya adalah pengusaha kecil-menengah yang terganggu dengan millennium
bug tetapi belum menemukan solusi yang tepat, karena pada waktu, software yang Y2K
Ready harganya cenderung belum terjangkau oleh pengusaha kecil. Pada waktu pameran
tersebut, CPS Soft mendapat banyak sekali masukan yang berharga dari para user ataupun
calon usernya. Berkat masukan dari user dan mengikuti perkembangan dunia usaha di
Indonesia ACCURATE selalu membenah diri dan menyesuaikan dengan perkembangan tersebut.
Hingga sekarang telah release versi 4. Pemunculan versi 4 ini tentunya memberikan
beberapa kemudahan baru bagi user dalam menerapkan sistem akuntansinya ke dalam
ACCURATE. Beberapa modul yang dikemas dalam satu paket terdiri dari;
- Sales / Account Receivable Sales Order, Delivery Order, Sales Invoice, Sales Return, Customer Receipts
- Purchase / Account Payable Purchase Order, Receive Item, Purchase Invoice, Purchase Return, Vendor Payment
- Item & Inventory Item, Warehouse, Inventory Adjustment, Item Price Adjustment, Grouping, Item Transfer, dan Job Costing.
- General Ledger Company Information, Company Preference, Journal Voucher, General Ledger
- Cash & Bank Other Deposit, Other Payments, Bank Transfer, Reconcile, Bank Book
- Fixed Asset Fiscal Fixed Asset Type, Fixed Assets Types, Fixed Asset List.
- Manufacturing (untuk ACCURATE 3 Edisi Enterprise) Item Standart Cost, Standart Convension Cost, Bill Of Material, Work Order, Work Order Execution, Material Release, Material Adjustment, Product And Material Result, Cancel Production.
Kelebihan dan Kelemahan Accurate Accounting
Berikut diuraikan kelebihan dan kelemahan
Accurate Accounting diantaranya adalah sebagai berikut:
Ø Kelebihan menggunakan program Accurate
Accounting
1.
Client Server Technology
2.
Multi User dengan tiga tingkat kewenangan
yaitu Create, Edit dan Report
3.
Multi Currency dengan menghitung otomatis
realize & unrealized gain / loss
4.
Multi Unit dengan tiga tingkat perhitungan
unit setiap barang
5.
Multi Warehouse (BanyakGudang)
6.
Multi Discount (Discount Item, Discount
Invoice, dan Discount Payments)
7.
Project & Department (versi Deluxe
Edition dan Enterprise Edition)
8.
Real Time Processing dengan Back ward
& Forward Transaction
9.
Fungsi pilihan tampilan menu dalam bahasa
Indonesia dan bahasa Inggris
10. Perubahan Desain
template setiap voucher dan invoice
11. Report yang dapat
di customize (designer) sendiri oleh user jika memahami proses report dengan Fast
Report.
12. Digit transaksi
sampai dengan 15 digit dan dua decimal 920 trilliun (920.000.000.000.000,00).
13. Keakuratan perhitungan
kuantitas barang sampai dengan 4 desimal.
14. Bisa custom financial
statement dengan berbagai macam pengelompokan untuk tipe Balance Sheet dan Income
Statement.
15. Fasilititas Grouping
di dalam item yaitu mengelompokkan beberapa barang dalam satu kelompok barang baru
dengan tanpa proses penggabungan.
16. Fasilitas Job
Costing yaitu mengelompokkan barang dalam satu kelompok barang baru dengan proses
penggabungan dan dengan nilai cost yang baru.
17. Fitur Extract
Import yang memungkinkan Anda mengekstrak transaksi penjualan dari perusahaan cabang
untuk dikirimkan keperusahaan pusat.
Ø Kelemahan menggunakan program Accurate
Accounting
1.
Single login. Hanya bisa login menggunakan
user supervisor.
2.
Membuka data base dari local PC, tidak
bisa membuka data base dari lokasi remote.
3.
OEM license, tidak bisa dimigrasikan
atau dipindah ke komputer lain.
4.
Tidak untuk pemakaian multi pleuser,
tidak diperbolehkan menambah license.
5.
Tidak mendapat diskon untuk major up
grade atau trade – in.
Gambar Accurate Accounting
D. Krishand Accounting Krishand
Pengertian
Accounting adalah
salah satu software akuntansi yang membantu penggunanya dalam mempersiapkan formulir
– formulir pajak. Krishand membantu dalam persiapan pelaporan pajak, sehingga menjadi
praktis dan efisien tanpa perlu takut salah hitung, salah ketik, ataupun kesalahan
lainnya yang bersifat sepele. Krishand bukan hanya sekedar software pelaporan pajak,
tetapi banyak memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan internal yang dapat
diselesaikan untuk membantu penggunanya dalam menganalisa data yang telah diinput.
Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, seperti
:
- Setting print out pada blanko SSP / faktur pajak
- Impor data penjualan untuk pembuatan faktur pajak secara otomatis
- Impor data faktur pajak keluaran / masukan dari file Excel
- Impor data PPh untuk pembuatan bukti
Kelebihan dan Kelemahan Krishand Accounting
Ø Kelebihan menggunakan program Krishand
Accounting
1.
Cepat dan Akurat, dengan software ini,
persiapan pelaporan pajak pengguna terhindar dari beberapa kesalahan, seperti salah
ketik, salah hitung, dan lain sebagainya di mana sering terjadi jika melakukan pelaporan
pajak secara manual.
2.
Praktis, dapat melakukan cetak langsung
formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak) tanpa
harus menggunakan blanko formulir pajak.
3.
Review, setiap saat software ini memungkinkan
pengguna nya untuk mereview dan menampilkan berkas-berkas pajak yang lama tanpa
harus mengutak-atik atau mencari arsip fisik berkas tersebut.
4.
Up to Date Semua formulir pajak yang
tersedia di dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan peraturan
perpajakan yang terakhir
5.
Membuat kerja lebih efektif, efisien
dan hemat waktu
Ø Kelemahan menggunakan program Krishand
Accounting
1.
Tidak tahu caranya untuk memulai mengembangkan
OSS.
2.
Model bisnis yang tidak mengikuti pola
bisnis software proprietary.
3.
Kepemilikan yang tidak jelas sehingga
dapat berlawanan dengan pola IPR (Intellectual Property Right) yang sedang digalakkan
oleh pemerintah dalam penelitian yang didanai selama ini.
4.
Tidak ada dukungan komersial.
5.
Terlalu banyak variasi dari OSS.6 .
6.
Usabilitas yang masih kurang baik.
7.
Terbatasnya SDM (Sumber Daya Manusia),
aplikasi, dan komitmen terhadap OSS.
Gambar Krishan Accounting
E.
SPSS
(Statistical Product and Service Solutions)
Pengertian
SPSS adalah salah satu program untuk pengolahan data statistik yang
penggunaannya cukup mudah. Software ini sering digunakan dalam pengolahan data
di kalangan mahasiswa, berguna untuk mengolah data skripsi dan analisis
peramalan suatu perusahaan untuk mengambil keputusan.
Program SPSS
merupakan sebuah aplikasi statistik kuantitatif yang dikembangkan di
Universitas Stanford dan Universitas Chicago pada tahun 1968. Program SPSS
pertama kali dikembangkan oleh seorang profesor ilmu sosial yang bernama Norman
Nie dan seorang koleganya bernama C. Hadlai Hull. Pada waktu itu nama SPSS
merupakan singkatan dari Statistical Package for the Social Science. Namun,
dewasa ini aplikasi SPSS telah digunakan secara luas pada berbagai disiplin
ilmu, tidak hanya terbatas untuk ilmu sosial saja. Oleh karena itu, kepanjangan
dari SPSS kemudian disesuaikan menjadi Statistical Product and Service
Solution. Versi program SPSS pun dari tahun ke tahunnya selalu berkembang dan
disempurnakan hingga sampai pada versi 16.0 yang diluncurkan pada bulan
Nopember tahun 2007 (Anonim).
Program SPSS
menyediakan serangkaian fitur yang memungkinkan user (pengguna) komputer untuk
dapat mengatur, menganalisis, memanipulasi dan menampilkan data. Kepopuleran
SPSS dewasa ini disebabkan kemampuannya dalam menampilkan banyak angka pada
fungsi-fungsi statistik dan kemudian mempresentasikan hasilnya dalam berbagai
format termasuk format grafis (www.griffith.edu.au).
Menurut Ghozali
(2001, dikutip
oleh admin) merupakan suatu software yang
berfungsi untuk menganalisis data, melakukan perhitungan statistik baik
parametrik maupun non parametrik.
Untuk dapat
menggunakan aplikasi SPSS tentunya software SPSS harus sudah terinstall dengan
baik di masing-masing PC/notebook yang dimiliki. Masing-masing versi dari
aplikasi SPSS mempunyai kelebihan dan kekurangan. Terkadang aplikasi SPSS hanya
dapat berjalan di OS window XP. Namun ada juga versi dari SPSS yang dapat berjalan
dengan OS window 7. Semua kembali lagi kepada masing-masing user. Anda
menggunakan OS apa maka anda juga harus memilih aplikasi SPSS yang sesuai
dengan operating system yang anda gunakan.
Sebelum
menjalankan SPSS hendaknya anda harus sudah memiliki data mentah yang akan
diolah menggunakan aplikasi SPSS. Alangkah baiknya tabulasi data yang anda
miliki anda simpan dalam file Ms. Excell dari semua tipe baik yang dikeluarkan
oleh windows ataupun yang open office. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda
melakukan pengolahan data nantinya.
Secara garis
besar, interface SPSS terbagi menjadi 2 yaitu data view dan variable view. Data
view merupakan lokasi/tempat untuk memasukkan data yang akan dilakukan analisa,
sedangkan untuk variable view merupakan area yang digunakan untuk memberikan
keterangan atas masing-masing variable yang dimasukkan. Hal ini secara tidak
langsung akan memudahkan user untuk fokus kepada data yang dimiliki karena data
yang telah ada dapat segera untuk dilakukan pengolahan.
Program-program
lain yang hampir sama digunakan utntuk mengolah data selain SPSS antara
lain, Minitab, T, R, SAS, Stata, Statistika, WPS, XLSTAT.
Perkembangan
Versi SPSS berdasarkan Rilisnya
1.
SPSS 15.0.1 –
November 2006
2.
SPSS 16.0.2 –
April 2008
3.
Statistik SPSS
17.0.1 – Desember 2008
4.
Statistik PASW
17.0.3 – September 2009
5.
Statistik PASW
18,0 – Agustus 2009
6.
Statistik PASW
18.0.1 – Desember 2009
7.
Statistik PASW
18.0.2 – April 2010
8.
Statistik PASW
18.0.3 – September 2010
9.
IBM SPSS
Statistik 19,0 – Agustus 2010
10.
IBM SPSS Statustik 20 – 5 October 2011
Ø Kelebihan dan Kelemahan SPSS
Salah satu keuntungan SPSS sebagai salah satu software
statistik adalah fasilitas transformasi variabelnya yang dapat dilakukan secara
mudah seperti program-program spreadsheet lainnya (misalnya Excel).
SPSS dapat membaca dan menulis data dari file teks
ASCII (termasuk file hierarkis), paket statistik lainnya, spreadsheets dan
database. SPSS dapat membaca dan menulis ke dalam tabel database eksternal
relasional melalui ODBC (Open Database Connectivity) dan SQL (Structured Query
Language).
Kelemahan dari software ini adalah penggunaannya yang
terlalu rumit, sehingga dibutuhkan keahlian khusus. Kelemahan lainnya adalah
banyaknya versi SPSS yang beredar, sehingga kita harus pintar-pintar memilih
versi SPSS yang cocok untuk komputer yang kita gunakan.
Ø
Manfaat SPSS
SPSS sangat bermanfaat dalam mengolah data statistik
dan menganganalisisnya secara otomatis. Hingga saat sekarang produk SPSS telah
dipakai dalam berbagai bidang seperti ilmu keuangan, retail, telekomunikasi,
farmasi, broadcasting, militer, database marketing, riset pemasaran, peramalan
bisnis, penilaian kredit, customer relationship, penilaian kepuasan konsumen
(customer satisfaction) dan sebagainya. Bahkan ilmu psikologi pun juga
menggunakan aplikasi ini dalam proses mengolah data.
Gambar SPSS
F.
Microsoft
Office Excel
Pengertian
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang
dibuat dan di distribusikan oleh Microsoft Corporation
untuk sistem operasi
Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki
fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program
komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan,
saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh
banyak pihak, baik di platform
PC berbasis Windows maupun
platform
Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0
diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan
bagian dari
Microsoft Office System,
dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan
didalam paket Microsoft Office
System 2007.
Tiga
kemampuan utama yang dimiliki oleh Program Microsoft Excel :
ü Lembar Kerja
ü Grafik
ü Data base
Kelebihan dan Kelemahan Microsoft Office Excel
Berikut di
uraikan kelebihan dan kelemahan Microsoft Excel diantaranya adalah sebagai
berikut :
Ø Kelebihan menggunakan program
Microsoft Excel :
a.
Excel mempunyai kemampuan menampung
data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi
dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban atau
pertanyaan.
b.
Excel format yang paling populer dan
fleksibel, jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke
format excel atau format lain yang bisa di baca excel. Atau jika dibutuhkan
kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
c.
Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP
dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas responden untuk keperluan
transferin formasi antar tabel, antar sheet atau antar file excel.
d.
Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja
lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat
dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot
table akan me-refresh sehingga tabel akan ter-update sendiri . Ini yang belum
ditemukan di SPSS, kecuali kita jago membuat syntax.
Ø Kelemahan menggunakan program
Microsoft Excel
a.
Pivot tabel yang menyertakan banyak
kolom atau pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab atau nested atau
tersarang, misalnya saya saat ini belum mampu membuat tabel dalam 1 pivot yang
stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk
masing-masing pertanyaan atau kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan
jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan
menggunakan kolom dan baris baru ke samping atau ke bawah sehingga jika
disamping atau dibawah ada tabel pivot lain,maka akan error.
b.
Untuk tabel yang besar dengan ukuran
file lebih dari 10 MB, maka setiap editing atau updating data, secara default
excel akan melakukan proses work book calculating yang kecepatannya tergantung
dari processor dan ram komputer. Hal ini cukup memakan waktu pengolahan data.
Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan proses calculating.
Otomatis menjadi calculating manual artinya calculating akan dilakukan setiap
kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif dilakukan dengan
resiko jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati tiba-tiba kita bisa
kehilangan data kita. Caranya klik tombol Office > Excel Options >
Formulas > Calculation Options, pilih
manual dan recalculate work book before saving. Untuk membuat kolom baru yang
berisi pengkategorian dari sebuah kolom atau jawaban pertanyaan, atau membuat
filterresponden, kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika
maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS
misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban
baru.
Gambar Microsoft Excel
KESIMPULAN dan SARAN
Latar Belakang Akuntansi sudah
menjadi sebuah keharusan baik bagi perusahaan besar maupun kecil. Dengan
akuntansi, perusahaan dapat menghasilkan laporan keuangan yang berguna baik
bagi perusahaan itu sendiri mau pun bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan
terhadap laporan keuangan tersebut . Dan seiring dengan kemajuan teknologi
informasi, banyak perusahaan tidak lagi melakukan pencatatan akuntansi secara
manual, tetapi dilakukan dengan bantuan program komputer atau disebut dengan
system aplikasi akuntansi. Dalam sistem akuntansi manual, siklus akuntansi
dimulai dari adanya transaksi bisnis, bukti dokumen sumber (bukti transaksi),
pencatatan jurnal, pencatatan buku besar masing-masing akun, neraca saldo
penutupan, dan pembuatan laporan keuangan. Pada prinsipnya, siklus akuntansi
manual sama dengan siklus akuntansi secara komputer. Namun, dalam sistem
akuntansi komputer, proses akuntansi dapat diringkas menjadi lebih singkat
karena beberapa proses pencatatan lain sudah secara otomatis dilakukan komputer
(program). Dewasa ini banyak ditawarkan Software Manajemen untuk perusahaan
skala kecil menengah yang menawarkan bermacam features yang bertujuan untuk
memantau kinerja perusahaan. Feature antara produk yang satu dan produk yang
lainnya terkadang hampir sama, dalam arti satu produk mungkin memiliki feature
A namun tidak memiliki feature B, sebaliknya produk yang lain memiliki feature
A dan B namun tidak memiliki feature C. Demikian banyaknya merek produk yang
ditawarkan dipasar sehingga terkadang justru membingungkan calon pengguna. Kini
sudah banyak pilihan software-software akuntansi yang tersedia, diantaranya
MYOB, Zahir, Ms. Excel, Accurate, Krishand, SPSS & banyak lainnya, yang
bisa digunakan untuk membantu kelancaran bisnis. Masing-masing memiliki
keunggulan tersendiri baik fitur-fitur yang disediakan sampai kepada kemudahan
dalam pengoperasiannya (userfriendly).
Daftar Pustaka
Deanta,A.SeriPenuntunPraktisMYOBAccountingV13+.PenerbitPT.ElexMediaKomputindo.Jakarta.2007Hidayat,Taufik.Teori&PraktikmembuatAPLIKASIAKUNTANSIdenganMs.Excel.PenerbitMediaKita.Jakarta.2009Surata,IWayan,S.Kom.,SE.BukuPanduanMicrosoftExcelSMAN2Palu.CopyrightSaraswatiKomputerPalu.SulawesiTengah.2006Muttaqien,Widianto.MengoptimalkanFitur-FiturPentingMicrosoftOffice2003&2007.PenerbitMediaKita.Jakarta.2007SumberDatalainnyamengenai“MsExcel,
Terimakasih informasinya
BalasHapussama-sama ... smga bermanfaat,,, hem
BalasHapusgan, untuk spss nya itu dapet referensi darimana?
BalasHapus