Total Tayangan Halaman

Rabu, 17 April 2013

Pengolahan Data


PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sistem informasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan. Menurut Mc leod : “Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi “ Salah satu bagian sistem informasi yaitu sistem pemrosesan transaksi/transaction processing system (TPS). Sistem pemrosesan transaksi merupakan subsistem input yang mempunyai peranan penting dalam aktivitas organisasi dengan cara mengumpulkan data dari sumber– sumber baik dari dalam maupun dari luar lingkungan perusahaan, dan mentransformasikannya kedalam database.
Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS menghapus rasa bosan saat melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke sistem komkputer secara manual. Sistem pemrosesan transaksi sangat penting karena merupakan dasar sistem bisnis yang melayani level operasional dalam organisasi. Output dari sistem ini akan menjadi input bagi sistem-sistem yang berada pada level manajemen dan level strategis. Setiap proses bisnis dimulai dari saksi, sehingga sistem pemrosesan transaksi yang ditempatkan oleh suatu perusahaan akan mempengaruhi proses bisnis yang dijalankan
mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke sistem komkputer secara manual. Sistem pemrosesan transaksi sangat penting karena merupakan dasar sistem bisnis yang melayani level operasional dalam organisasi. Output dari sistem ini akan menjadi input bagi sistem-sistem yang berada pada level manajemen dan level strategis. Setiap proses bisnis dimulai dari saksi, sehingga sistem pemrosesan transaksi yang ditempatkan oleh suatu perusahaan akan mempengaruhi proses bisnis yang dijalankan
            Pengelolaan bisnis dengan mempergunakan produk software-software akuntansi yang tersedia seperti MYOB, Zahir, Ms. Excel, Accurate, Krishand, dan SPSS. Terdapat beberapa feature apa yang ada di dalam software-software akuntansi tersebut dan feature apa yang tidak ada di dalam software-software akuntansi tersebut dan membandingkannya yang mana yang paling banyak digunakan. Dengan demikian diharapkan calon pengguna akan memperoleh gambaran kecocokan software-software akuntansi yang tersedia apabila akan diterapkan dan di implementasikan untuk membantu pengelolaan bisnis.









PEMBAHASAN
A.    MYOB Accounting 
Pengertian
“MYOB ‘ (Manage Your Own Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan.
Terdapat tiga versi MYOB yang beredar di Indonesia, yaitu:
  • MYOB basic adalah varian MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaanya tidak disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan menginginkan laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul Inventory, tidak ada modul Pembelian, kartu stock, laporan utang, dan tidak bisa send to excel secara otomatis.
  • MYOB Accounting yang saat ini beredar adalah MYOB versi 18. Satu perbedaan mencolok antara MYOB Basic dengan MYOB Accounting adalah, MYOB Accounting sudah dilengkapi denga fitur untuk melacak persediaan. Secara konsep akuntansi disebut sebagai catatan persediaan perpetual. Jadi setiap ada mutasi barang akan terlacak (barang masuk akibat pembelian atau retur penjualan, maupun barang keluar akibat penjualan atau retur pembelian).
  • MYOB Premier adalah varian MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier dengan MYOB Accounting adalah fasilitas MYOB premier untuk menangani transaksi multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang, serta fasilitas multiuser.
Tambahan fitur dan Perbedaan antara MYOB Accounting dan MYOB premier
Versi terakhir untuk MYOB Accounting adalah Versi 18, sedangkan MYOB Premier adalah Versi 12. Versi baru tersebut memberikan beberapa tambahan fitur baru dan kelebihan MYOB dibandingkan dari versi sebelumnya.
Beberapa hal baru tersebut diantaranya adalah :
  • Tampilan Menu Pembuka
  • Tampilan Help Index yang Lebih Lengkap
  • Editing di transaksi Pay Bill yang sudah di Record
  • Editing di transaksi Receive Payment yang sudah di Record
  • Lock Period yang fleksible (berdasarkan tanggal)
  • Tombol Password digantikan dengan User’s ID
  • Fasilitas Spelling (dalam Bahasa Inggris)
  • Tambahan pilihan Search by untuk Item List, Card File, Location List dan Activities List
  • Laporan pengelompokan Item berdasarkan Item dan Location
  • Preview cetakan form untuk Purchase Order, Invoices, Payment (Cheque) dan Receive
  • Customise Form Statements dan Remittance Advices dengan field yang ditambahkan lebih lengkap
  • Tambahan Access Undo Reconciliatioan di User Access Preferences


Secara singkat perbedaan mendasar yang sangat penting yang harus diketahui pada penggunaan MYOB Accounting dengan MYOB Premier:
  • MYOB ACCOUNTING :
1.      Single User (Hanya dapat digunakan 1 Userl)
2.      Single Currency (Haya dapat menggunakan Satu Mata Uang)
  • MYOB PREMIER
1.      Multi User (Banyak Pengguna, lebih dari 1 user) Maksimal 25 User.
2.      Multi Currency (Lebih dari satu mata uang)
MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain. Program MYOB (Manage Your Own Business) ini dibuat oleh Data-Tech Software Pty. Ltd. Australia. Data-Tech Software merekomendasikan M.Y.O.B Accounting arsitek, konsultan, galeri seni, salon kecantikan, kontraktor dan sebagainya. M.Y.O.B Accounting sudah menyediakan chart of account (daftar rekening) siap pakai menggunakan bahasa Inggris untuk 105 jenis perusahaan yang dapat dibaca dalam lampiran. Software ini banyak sekali digunakan di Indonesia, bahkan telah menjadi materi wajib bagi siswa SMK atau mahasiswa perguruan tinggi Akuntansi, lembaga kursus khususnya untuk materi computer Akuntansi. Software ini akan terasa powerful ketika diintegrasikan dengan software MYOB lain seperti MYOB Fixed Asset, MYOB Point Of Sale. Tampilan yang familiar, mudah digunakan, dan gampang dipelajari sehingga digunakan oleh orang banyak. Perbaikan dan penambahan fitur baru telah membawa MYOB pada versi 17. MYOB juga telah terbit untuk edisi Eropa dan Edisi Amerika (MYOB Premier Accounting Plus), MYOB Edisi Asia dan versi Original yang MYOB Accounting Plus Versi 13 di Indonesia.

Modul-modul yang disediakan oleh MYOB accounting:
  • Account digunakan untuk membuat daftar perkiraan dan melakukan jurnal umum.
  • Banking untuk mencatat perkiraan yang berhubungan dengan transaksi bank, selain membeli maupun menjual barang dagang.
  • Sales untuk mencatat penjualan barang, termasuk penerimaan piutang dan segala yang berhubungan dengan penjualan tersebut.
  • Time Billing untuk mencatat dan mengatur waktu yang diset secara otomatis untuk pembayaran baik untuk klien maupun aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan waktu.
  • Purchase untuk mencatat pembelian barang, termasuk membayar hutang dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pembelian barang tersebut.
  • Payroll untuk mencatat tentang gaji, upah, pajak dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pegawai atau karyawan.
  • Inventory untuk mencatat persediaan barang dagang khusunya perusahaan dagang
  • Card File untuk mencatat dan mengatur secara permanen data-data pelanggan, pemasok, pegawai dan hubungannya dengan pihak lain.
Kelebihan dan Kelemahan MYOB Accounting
Berikut diuraikan kelebihan dan kelemahan MYOB Accounting diantaranya adalah sebagai berikut:
Ø  Kelebihan menggunakan program MYOB Accounting:
1.      Easy ofuse, MYOB menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakan MYOB walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali. Kuncinya adalah set up dan implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang paling penting dalam penerapan MYOB adalah pada saat proses set up, dimana proses bisnis yang ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan mempergunakan alat bantu MYOB, sehingga dalam pelaksanaan kesehariannya, pengguna hanya mengikuti proses bisnis yang telah disusun sebelumnya.
2.      Accounting Power, Software MYOB telah cukup lama dikembangkan dan secara berkesinambungan mengeluarkan perbaikan release. Sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software MYOB cukup dapat diandalkan. Sepanjang set up yang dilakukan telah dilakukan dengan baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
3.      Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta departmentalisasi, sehingga dapat diperoleh laporan manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna bagi manajemen untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus dilakukan.
4.      Proses instalasi dan maintenance yang murah. Instalasi MYOB dapat dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak dipungut biaya maintenance tahunan, artinya walaupun release terbaru telah dikeluarkan oleh MYOB, para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat menggunakannya, dan apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian up grade dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pembelian baru.
5.      Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau setidaknya mengetahui MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah banyak berkembang lembaga pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga pendidikan tingkat universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian dari pelajaran Accounting.
6.      Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses tutup buku.
7.      Nilai investasi yang relatif murah. Harga produk termahal adalah kurang dari USD 1.000,- (di luar training dan implementasi). Kuncinya adalah pelaksanaan set up dan implementasi. Memilih perusahaan yang memiliki tenaga yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan implementasi MYOB. Lebih banyak perusahaan yang telah diimplementasikannya, tentunya lebih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pengalaman konsultan tersebut.
8.      Jangka waktu implementasi yang relatif cepat. Sepanjang data untuk keperluan implementasi seperti data detail neraca dan rugi laba dapat disiapkan dengan cepat, maka implementasi MYOB akan dapat diselesaikan dengan cepat pula.
Ø  Kelemahan menggunakan program MYOB Accounting
1.      Database MYOB merupakan data base yang dikunci, artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field di MYOB, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit dipenuhi oleh MYOB
2.      MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan didalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia didalam MYOB dan harus dikelola diluar software MYOB.
3.      Tidak ada modul efixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
4.      Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola didalam MYOB.
5.      MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multicompany, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
                 Gambar MYOB Accounting
B.     Zahir Accounting
Pengertian
Zahir Accounting adalah sebuah program akuntansi berbahasa Indonesia yang mudah digunakan, berkualitas dan berdaya guna tinggi serta dirancang tepat dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Zahir Accounting merupakan software akuntansi lokal oleh PT Senayan Abadi. Zahir sangat mudah diaplikasikan tanpa harus mengerti ilmu akuntansi. Zahir Accounting mampu menyajikan data seketika mengenai stok barang, laba rugi, utang piutang, dan analisis data. Software ini sangat membantu pengusaha untuk mengambil keputusan. Zahir Accounting cocok digunakan untuk segala jenis usaha. Misalnya perusahaan ekspor impor, minimarket, supermarket, toko, penerbitan, restoran, dan manufaktur. Dalam hal kepentingan perpajakan, Zahir juga telah menyediakan fitur Pajak Penjualan (PPN) yang berlaku di Indonesia. Nilai transaksi yang dapat dicover software ini bisa mencapai 15 digital atau setara dengan 920 triliun. Standar akuntansi yang digunakan pun sudah sesuai dengan standar akuntansi yang ada di Indonesia, terkait pencatatan dan pelaporan keuangannya. Seluruh transaksi dibuat dalam bentuk formulir yang mudah dipahami dan sering digunakan dalam bisnis sehari-hari, mengisinya semudah mengisi nota penjualan atau menulis cek, seluruh proses akuntansi, laporan dan grafik otomatis dibuat. Zahir Accounting Software disebut business management software. Zahir sendiri mendukung dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Indonesia. Zahir Accounting kini sudah mencapai versi 5.1 dan sudah digunakan oleh sekitar 7.000 perusahaan di Indonesia. Software ini dijual mulai dari Rp.990.000 – Rp.15juta. Merupakan harga yang cukup murah dibanding software UKM yang beredar di luar negeri.
Kelebihan dan Kelemahan Zahir Accounting
Berikut diuraikan kelebihan dan kelemahan Zahir Accounting diantaranya adalah sebagai berikut:
Ø  Kelebihan menggunakan program Zahir Accounting
1.      Zahir Accounting menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dimengerti (terdapat menu untuk memilih bahasa).
2.      Lebih Mudah Digunakan
3.      Sistem yang digunakan Zahir lebih sesuai untuk Indonesia, menggunakan sistem double entry (ada laporan jurnal dengan format debet-kredit, yang bisa diaudit dan sesuai dengan standar akuntansi Indonesia).
4.      dapat dengan mudah mencetak faktur pajak sederhana dan standar menggunakan Zahir Accounting (form faktur pajak telah disediakan, cukup input penjualan dan bisa langsung cetak faktur pajak).
5.      Hampir sebagian besar software import dengan harga dibawah 20 juta memiliki keterbatasan pada jumlah digit nilai transaksi, yaitu hanya 8 digit saja atau setara dengan Rp 99 juta. Sedangkan Zahir Accounting mampu mencatat nilai transaksi hingga 15 digit atau setara dengan Rp 920 trilyun.
6.      Fasilitas ini hampir tidak pernah ada di software asing, karena sistem cek atau giro mundur tidak dikenal di negara mereka.
7.      Dijual Secara Rakitan
8.      Hampir semua software import dengan harga dibawah Rp.100 juta, tidak memiliki fasilitas Serial Number, Lot Number dengan Expire Date, Sinkronisasi Data Antar Cabang, Auto Purchase order, dan berbagai fasilitas unik lainya, namun ada di Zahir Accounting.
9.      Laporan Bisa di Klik
10.  Tim Support Zahir Accounting ada di Indonesia
Ø  Kelemahan menggunakan program Zahir Accounting
1.      Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, per buruh dan biaya lain dalam akuntansi biaya.
2.      Pada Zahir edisi Flexy Money tidak tersedia fasilitas harga tetap, proyek dan departemen.
3.      Zahir Accounting edisi pendidikan belum mendukung pengeditan (un posting) transaksi penjualan dan pembelian.
4.      Tidak memberikan rekomendasi tentang kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir Pos.
5.      Zahir Pos kurang cepat dan responsif khususnya pada saat menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur.
              Gambar  Zahir Accounting
C.    Accurate Accounting
Pengertian
Accurate Accounting adalah Software akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan General Ledger yang terintegrasi. ACCURATE Accounting Software diciptakan oleh putra dan putri Bangsa Indonesia yang berdiri di bawah bendara PT.Cipta Piranti Sejahtera, lebih dikenal dengan sebutan CPS Soft, yang berlokasi di Jakarta. ACCURATE Accounting Software merupakan software pertama yang dikembangkan oleh CPS Soft. Dalam mengembangkan software, CPS Soft selalu menggunakan pinsip dasar 3 M, yaitu Murah, Massal, dan ber-Manfaat. Pertama kali diluncurkan untuk kalangan umum pada bulan November 1999, dengan memanfaatkan event pameran komputer terbesar di Indonesia setiap tahun yaitu Indocom tech 1999 yang diselenggarakan JHCC, Jakarta. Versi yang diluncurkan pada waktu itu adalah Versi 1.0, dengan nama Accurate 2000 Accounting Software. ACCURATE versi perdana tersebut diluncurkan dengan angka 2000 di belakang nama ACCURATE karena waktu itu software tersebut dikembangkan sudah Y2K Ready, dan target pasarnya adalah pengusaha kecil-menengah yang terganggu dengan millennium bug tetapi belum menemukan solusi yang tepat, karena pada waktu, software yang Y2K Ready harganya cenderung belum terjangkau oleh pengusaha kecil. Pada waktu pameran tersebut, CPS Soft mendapat banyak sekali masukan yang berharga dari para user ataupun calon usernya. Berkat masukan dari user dan mengikuti perkembangan dunia usaha di Indonesia ACCURATE selalu membenah diri dan menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. Hingga sekarang telah release versi 4. Pemunculan versi 4 ini tentunya memberikan beberapa kemudahan baru bagi user dalam menerapkan sistem akuntansinya ke dalam ACCURATE. Beberapa modul yang dikemas dalam satu paket terdiri dari;
  • Sales / Account Receivable Sales Order, Delivery Order, Sales Invoice, Sales Return, Customer Receipts
  • Purchase / Account Payable Purchase Order, Receive Item, Purchase Invoice, Purchase Return, Vendor Payment
  • Item & Inventory Item, Warehouse, Inventory Adjustment, Item Price Adjustment, Grouping, Item Transfer, dan Job Costing.
  • General Ledger Company Information, Company Preference, Journal Voucher, General Ledger
  • Cash & Bank Other Deposit, Other Payments, Bank Transfer, Reconcile, Bank Book
  • Fixed Asset Fiscal Fixed Asset Type, Fixed Assets Types, Fixed Asset List.
  • Manufacturing (untuk ACCURATE 3 Edisi Enterprise) Item Standart Cost, Standart Convension Cost, Bill Of Material, Work Order, Work Order Execution, Material Release, Material Adjustment, Product And Material Result, Cancel Production.
Kelebihan dan Kelemahan Accurate Accounting
Berikut diuraikan kelebihan dan kelemahan Accurate Accounting diantaranya adalah sebagai berikut:

Ø  Kelebihan menggunakan program Accurate Accounting
1.      Client Server Technology
2.      Multi User dengan tiga tingkat kewenangan yaitu Create, Edit dan Report
3.      Multi Currency dengan menghitung otomatis realize & unrealized gain / loss
4.      Multi Unit dengan tiga tingkat perhitungan unit setiap barang
5.      Multi Warehouse (BanyakGudang)
6.      Multi Discount (Discount Item, Discount Invoice, dan Discount Payments)
7.      Project & Department (versi Deluxe Edition dan Enterprise Edition)
8.      Real Time Processing dengan Back ward & Forward Transaction
9.      Fungsi pilihan tampilan menu dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
10.  Perubahan Desain template setiap voucher dan invoice
11.  Report yang dapat di customize (designer) sendiri oleh user jika memahami proses report dengan Fast Report.
12.  Digit transaksi sampai dengan 15 digit dan dua decimal 920 trilliun (920.000.000.000.000,00).
13.  Keakuratan perhitungan kuantitas barang sampai dengan 4 desimal.
14.  Bisa custom financial statement dengan berbagai macam pengelompokan untuk tipe Balance Sheet dan Income Statement.
15.  Fasilititas Grouping di dalam item yaitu mengelompokkan beberapa barang dalam satu kelompok barang baru dengan tanpa proses penggabungan.
16.  Fasilitas Job Costing yaitu mengelompokkan barang dalam satu kelompok barang baru dengan proses penggabungan dan dengan nilai cost yang baru.
17.  Fitur Extract Import yang memungkinkan Anda mengekstrak transaksi penjualan dari perusahaan cabang untuk dikirimkan keperusahaan pusat.
Ø  Kelemahan menggunakan program Accurate Accounting  
1.      Single login. Hanya bisa login menggunakan user supervisor.
2.      Membuka data base dari local PC, tidak bisa membuka data base dari lokasi remote.
3.      OEM license, tidak bisa dimigrasikan atau dipindah ke komputer lain.
4.      Tidak untuk pemakaian multi pleuser, tidak diperbolehkan menambah license.
5.      Tidak mendapat diskon untuk major up grade atau trade – in.
               Gambar Accurate Accounting
D.  Krishand Accounting Krishand
Pengertian  
Accounting adalah salah satu software akuntansi yang membantu penggunanya dalam mempersiapkan formulir – formulir pajak. Krishand membantu dalam persiapan pelaporan pajak, sehingga menjadi praktis dan efisien tanpa perlu takut salah hitung, salah ketik, ataupun kesalahan lainnya yang bersifat sepele. Krishand bukan hanya sekedar software pelaporan pajak, tetapi banyak memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan internal yang dapat diselesaikan untuk membantu penggunanya dalam menganalisa data yang telah diinput. Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, seperti :
  • Setting print out pada blanko SSP / faktur pajak
  • Impor data penjualan untuk pembuatan faktur pajak secara otomatis
  • Impor data faktur pajak keluaran / masukan dari file Excel
  • Impor data PPh untuk pembuatan bukti
Kelebihan dan Kelemahan Krishand Accounting
Ø  Kelebihan menggunakan program Krishand Accounting 
1.      Cepat dan Akurat, dengan software ini, persiapan pelaporan pajak pengguna terhindar dari beberapa kesalahan, seperti salah ketik, salah hitung, dan lain sebagainya di mana sering terjadi jika melakukan pelaporan pajak secara manual.
2.      Praktis, dapat melakukan cetak langsung formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak) tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak.
3.      Review, setiap saat software ini memungkinkan pengguna nya untuk mereview dan menampilkan berkas-berkas pajak yang lama tanpa harus mengutak-atik atau mencari arsip fisik berkas tersebut.
4.      Up to Date Semua formulir pajak yang tersedia di dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan peraturan perpajakan yang terakhir
5.      Membuat kerja lebih efektif, efisien dan hemat waktu
Ø  Kelemahan menggunakan program Krishand Accounting 
1.      Tidak tahu caranya untuk memulai mengembangkan OSS.
2.      Model bisnis yang tidak mengikuti pola bisnis software proprietary.
3.      Kepemilikan yang tidak jelas sehingga dapat berlawanan dengan pola IPR (Intellectual Property Right) yang sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian yang didanai selama ini.
4.      Tidak ada dukungan komersial.
5.      Terlalu banyak variasi dari OSS.6 .
6.      Usabilitas yang masih kurang baik.
7.      Terbatasnya SDM (Sumber Daya Manusia), aplikasi, dan komitmen terhadap OSS.
              Gambar Krishan Accounting
E.     SPSS  (Statistical Product and Service Solutions)
Pengertian
SPSS adalah salah satu program untuk pengolahan data statistik yang penggunaannya cukup mudah. Software ini sering digunakan dalam pengolahan data di kalangan mahasiswa, berguna untuk mengolah data skripsi dan analisis peramalan suatu perusahaan untuk mengambil keputusan.
Program SPSS merupakan sebuah aplikasi statistik kuantitatif yang dikembangkan di Universitas Stanford dan Universitas Chicago pada tahun 1968. Program SPSS pertama kali dikembangkan oleh seorang profesor ilmu sosial yang bernama Norman Nie dan seorang koleganya bernama C. Hadlai Hull. Pada waktu itu nama SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for the Social Science. Namun, dewasa ini aplikasi SPSS telah digunakan secara luas pada berbagai disiplin ilmu, tidak hanya terbatas untuk ilmu sosial saja. Oleh karena itu, kepanjangan dari SPSS kemudian disesuaikan menjadi Statistical Product and Service Solution. Versi program SPSS pun dari tahun ke tahunnya selalu berkembang dan disempurnakan hingga sampai pada versi 16.0 yang diluncurkan pada bulan Nopember tahun 2007 (Anonim).
Program SPSS menyediakan serangkaian fitur yang memungkinkan user (pengguna) komputer untuk dapat mengatur, menganalisis, memanipulasi dan menampilkan data. Kepopuleran SPSS dewasa ini disebabkan kemampuannya dalam menampilkan banyak angka pada fungsi-fungsi statistik dan kemudian mempresentasikan hasilnya dalam berbagai format termasuk format grafis (www.griffith.edu.au).
Menurut Ghozali (2001, dikutip oleh admin) merupakan suatu software yang berfungsi untuk menganalisis data, melakukan perhitungan statistik baik parametrik maupun non parametrik.
Untuk dapat menggunakan aplikasi SPSS tentunya software SPSS harus sudah terinstall dengan baik di masing-masing PC/notebook yang dimiliki. Masing-masing versi dari aplikasi SPSS mempunyai kelebihan dan kekurangan. Terkadang aplikasi SPSS hanya dapat berjalan di OS window XP. Namun ada juga versi dari SPSS yang dapat berjalan dengan OS window 7. Semua kembali lagi kepada masing-masing user. Anda menggunakan OS apa maka anda juga harus memilih aplikasi SPSS yang sesuai dengan operating system yang anda gunakan.
Sebelum menjalankan SPSS hendaknya anda harus sudah memiliki data mentah yang akan diolah menggunakan aplikasi SPSS. Alangkah baiknya tabulasi data yang anda miliki anda simpan dalam file Ms. Excell dari semua tipe baik yang dikeluarkan oleh windows ataupun yang open office. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda melakukan pengolahan data nantinya.
Secara garis besar, interface SPSS terbagi menjadi 2 yaitu data view dan variable view. Data view merupakan lokasi/tempat untuk memasukkan data yang akan dilakukan analisa, sedangkan untuk variable view merupakan area yang digunakan untuk memberikan keterangan atas masing-masing variable yang dimasukkan. Hal ini secara tidak langsung akan memudahkan user untuk fokus kepada data yang dimiliki karena data yang telah ada dapat segera untuk dilakukan pengolahan.
Program-program lain yang hampir sama digunakan utntuk mengolah data selain SPSS antara lain, Minitab, T, R, SAS, Stata, Statistika, WPS, XLSTAT.
Perkembangan Versi SPSS berdasarkan Rilisnya
1.      SPSS 15.0.1 – November 2006
2.      SPSS 16.0.2 – April 2008
3.      Statistik SPSS 17.0.1 – Desember 2008
4.      Statistik PASW 17.0.3 – September 2009
5.      Statistik PASW 18,0 – Agustus 2009
6.      Statistik PASW 18.0.1 – Desember 2009
7.      Statistik PASW 18.0.2 – April 2010
8.      Statistik PASW 18.0.3 – September 2010
9.      IBM SPSS Statistik 19,0 – Agustus 2010
10.  IBM SPSS Statustik 20 – 5 October 2011
Ø  Kelebihan dan Kelemahan SPSS
Salah satu keuntungan SPSS sebagai salah satu software statistik adalah fasilitas transformasi variabelnya yang dapat dilakukan secara mudah seperti program-program spreadsheet lainnya (misalnya Excel).
SPSS dapat membaca dan menulis data dari file teks ASCII (termasuk file hierarkis), paket statistik lainnya, spreadsheets dan database. SPSS dapat membaca dan menulis ke dalam tabel database eksternal relasional melalui ODBC (Open Database Connectivity) dan SQL (Structured Query Language).
Kelemahan dari software ini adalah penggunaannya yang terlalu rumit, sehingga dibutuhkan keahlian khusus. Kelemahan lainnya adalah banyaknya versi SPSS yang beredar, sehingga kita harus pintar-pintar memilih versi SPSS yang cocok untuk komputer yang kita gunakan.
Ø  Manfaat SPSS
SPSS sangat bermanfaat dalam mengolah data statistik dan menganganalisisnya secara otomatis. Hingga saat sekarang produk SPSS telah dipakai dalam berbagai bidang seperti ilmu keuangan, retail, telekomunikasi, farmasi, broadcasting, militer, database marketing, riset pemasaran, peramalan bisnis, penilaian kredit, customer relationship, penilaian kepuasan konsumen (customer satisfaction) dan sebagainya. Bahkan ilmu psikologi pun juga menggunakan aplikasi ini dalam proses mengolah data.
                                Gambar  SPSS      
F.     Microsoft Office Excel
Pengertian
      Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan di distribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan didalam paket Microsoft Office System 2007.
Tiga kemampuan utama yang dimiliki oleh Program Microsoft Excel :
ü  Lembar Kerja
ü  Grafik
ü  Data base
Kelebihan dan Kelemahan Microsoft Office Excel
Berikut di uraikan kelebihan dan kelemahan Microsoft Excel diantaranya adalah sebagai berikut :
Ø  Kelebihan menggunakan program Microsoft Excel :
a.      Excel mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban atau pertanyaan.
b.      Excel format yang paling populer dan fleksibel, jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa di baca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
c.       Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas responden untuk keperluan transferin formasi antar tabel, antar sheet atau antar file excel.
d.      Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan ter-update sendiri . Ini yang belum ditemukan di SPSS, kecuali kita jago membuat syntax.
Ø  Kelemahan menggunakan program Microsoft Excel
a.      Pivot tabel yang menyertakan banyak kolom atau pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab atau nested atau tersarang, misalnya saya saat ini belum mampu membuat tabel dalam 1 pivot yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk masing-masing pertanyaan atau kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan menggunakan kolom dan baris baru ke samping atau ke bawah sehingga jika disamping atau dibawah ada tabel pivot lain,maka akan error.
b.      Untuk tabel yang besar dengan ukuran file lebih dari 10 MB, maka setiap editing atau updating data, secara default excel akan melakukan proses work book calculating yang kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Hal ini cukup memakan waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan proses calculating. Otomatis menjadi calculating manual artinya calculating akan dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol Office > Excel Options > Formulas > Calculation Options,  pilih manual dan recalculate work book before saving. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom atau jawaban pertanyaan, atau membuat filterresponden, kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
Gambar  Microsoft Excel








KESIMPULAN dan SARAN
Latar Belakang Akuntansi sudah menjadi sebuah keharusan baik bagi perusahaan besar maupun kecil. Dengan akuntansi, perusahaan dapat menghasilkan laporan keuangan yang berguna baik bagi perusahaan itu sendiri mau pun bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan terhadap laporan keuangan tersebut . Dan seiring dengan kemajuan teknologi informasi, banyak perusahaan tidak lagi melakukan pencatatan akuntansi secara manual, tetapi dilakukan dengan bantuan program komputer atau disebut dengan system aplikasi akuntansi. Dalam sistem akuntansi manual, siklus akuntansi dimulai dari adanya transaksi bisnis, bukti dokumen sumber (bukti transaksi), pencatatan jurnal, pencatatan buku besar masing-masing akun, neraca saldo penutupan, dan pembuatan laporan keuangan. Pada prinsipnya, siklus akuntansi manual sama dengan siklus akuntansi secara komputer. Namun, dalam sistem akuntansi komputer, proses akuntansi dapat diringkas menjadi lebih singkat karena beberapa proses pencatatan lain sudah secara otomatis dilakukan komputer (program). Dewasa ini banyak ditawarkan Software Manajemen untuk perusahaan skala kecil menengah yang menawarkan bermacam features yang bertujuan untuk memantau kinerja perusahaan. Feature antara produk yang satu dan produk yang lainnya terkadang hampir sama, dalam arti satu produk mungkin memiliki feature A namun tidak memiliki feature B, sebaliknya produk yang lain memiliki feature A dan B namun tidak memiliki feature C. Demikian banyaknya merek produk yang ditawarkan dipasar sehingga terkadang justru membingungkan calon pengguna. Kini sudah banyak pilihan software-software akuntansi yang tersedia, diantaranya MYOB, Zahir, Ms. Excel, Accurate, Krishand, SPSS & banyak lainnya, yang bisa digunakan untuk membantu kelancaran bisnis. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri baik fitur-fitur yang disediakan sampai kepada kemudahan dalam pengoperasiannya (userfriendly).

Daftar Pustaka
Deanta,A.SeriPenuntunPraktisMYOBAccountingV13+.PenerbitPT.ElexMediaKomputindo.Jakarta.2007Hidayat,Taufik.Teori&PraktikmembuatAPLIKASIAKUNTANSIdenganMs.Excel.PenerbitMediaKita.Jakarta.2009Surata,IWayan,S.Kom.,SE.BukuPanduanMicrosoftExcelSMAN2Palu.CopyrightSaraswatiKomputerPalu.SulawesiTengah.2006Muttaqien,Widianto.MengoptimalkanFitur-FiturPentingMicrosoftOffice2003&2007.PenerbitMediaKita.Jakarta.2007SumberDatalainnyamengenai“MsExcel,





3 komentar: