Wasis; Menejemen Pengambilan Keputusan untuk SIM
1.
Teknologi media
informasi Pengertian teknologi informasiTeknologi Informasi
adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan prepaid, basins, dan
pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan
keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data,
system jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya
sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat
disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi
informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan prepaid seperti
informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi
seperti sains, teknologi, perdagangan, berita basins, dan asosiasi profesi.
Sarana kerjasama antara prepaid atau kelompok yang satu dengan prepaid atau
kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas
ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari
kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan
e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara
elektronik.Pengertian Dan Ciri MediaKata media
berasal dari bahasa latin medium yang secara harfiah berarti tengah, perantara,
pengantar. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari
pengirim kepada penerima pesan. Gerlach & Ely (1971) mengatakan bahwa media
apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang
membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan,
keterampilan, atau sikap. Dalam pengertian ini, guru, buku teks, dan lingkungan
sekolah merupakan media. Secara khusus, pengertian media dalam proses belajar
mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau
elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual
atau verbal. Bahan dan alat yang kita kenal dengan istilah software dan hardware tak
lain dan tak bukan adalah media pendidikan.Gerlach & Ely (1971)
mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan
dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak mampu
(atau kurang efesien) melakukannya.
- Ciri Fiksatif (Fixative Property). Ciri ini menggambarkan
kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu
peristiwa atau obyek.
- Ciri Manipulatif (Manipulative Property). Transformasi suatu
kejadian atau obyek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif.
- Ciri Distributif (Distributive Property). Ciri distributif
dari media memungkinkan suatu obyek atau kejadian ditransportasikan
melalui ruang dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada
sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai
kejadian itu.
Pesan adalah sesuatu yang
dikirimkan dan atau diterima sewaktu tindakan komunikasi berlangsung. Pesan
dapat dikirimkan baik melalui bahasa verbal maupun nonverbal. Pesan juga dapat
merupakan suatu wujud informasi yang mempunyai makna. Apabila pesan tidak tidak
bisa dipahami oleh penerima maka pesan yang dikirimkan tersebut tidak menjadi
informasi. Akan tetapi perlu disadari bahwa suatu pesan bisa mempunyai makna
yang berbeda bagi satu individu ke individu lain, karena pesan berkaitan erat
dengan masalah penafsiran bagi yang menerimanya. Proses penuangan pesan ke
dalam simbol-simbol komunikasi itu disebut encoding. Sedangkan proses
penafsiran simbol-simbol komunikasi yang mengandung pesan-pesan tersebut
disebut decoding.Media-Media KomunikasiDalam mencari informasi manusia
memerlukan media-media informasi yang dapat membantu manusia untuk mendapatkan
informasi tersebut. Dibawah ini terdapat beberapa media informasi yang dapat
membantu manusia untuk melakukan akifitas dalam mengumpulkan informasi1.
Internet2.
Telepon3.
Handphone4.
Fax5.
Pager6.
Push to talkInternet
- Definisi
Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan
'inter-network') ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi
beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer
umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai
protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian
internet yang terbesar dinamakanInternet. Cara menghubungkan rangkaian dengan
kaedah ini dinamakan internetworking.
- Cara Memakai
Buka Mozilla atau browser lainnya , kutipkan alamat website yang dicari
di kotak (Address) lalu mulai memakainya.
- Guna Dari Internet
Bisa mencari semua informasi,hiburan,maupun berita aktual dan
lainnya.Lebih praktis untuk mencari informasi dibandingkan dengan BUKU.Telepona.
DefinisiTelepon adalah alat telekomunikasi yang dapat
mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Umumnya penemu telepon
adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat
di Boston, massachusets, pada tahun 1876. Tetapi, penemu italia
antonio meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan pada
September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh
kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell.b.
Cara MemakaiTekan (nomor rumah/lainnya )yang akan anda hubungi lalu mulai berbicara
,setelah selesai berbicara tutup kembali telepon dengan RAPAT.Jika orang yang
anda hubungi tidak mengangkat(dan anda ingin mencoba lagi,cukup menutup telepon
lalu tekan REDIAL).
c.
Guna Dari
TeleponBerbicara dengan orang yang tempatnya jauh dari diri kita(beda
rumah/beda keberadaan,tidak lebih jauh dari satu kecamatan ).Handphone (Telepon Genggam)
- Definisi
Telepon genggam, biasanya disebut juga dengan cellular.Merupakan
pengembangan teknologi telepon, dimana perangkatnya dapat digunakan
sebagai perangkat untuk mobile atau berpindah-pindah
- Cara Memakai
Pertama-tama isi pulsa ,baterai penuhkan lalu mulai tekan nomor teman
anda atau yang lainnya lalu tekan tombol gambar telepon (berwarna hijau
diangkat)lalu mulai berbicara setelah selesai berbicara tekan tombol (gambar
telepon berwarna merah ,ditutup).
- Guna Dari Handphone(Telepon Genggam)
Sama dengan
telepon namun bedanya bisa di bawa kemana saja karena ukuran tubuhnya.Fax
- Definisi
Disingkat dengan FoIP, Suatu mekanisme untuk mengirimkan fax melalui
Internet (yang berbasis IP). Hal ini mirip seperti VoIP.
- Cara Menggunakan
Tekan nomor fax yang anda tuju lalu tunggu sebentar,maka dokumen akan
terkirim.
- Guna Dari Fax
Mengirim dokumen
dari suatu negeri ke negeri lainnya.Pager.
- Definisi
Pager adalah alat panggil seperti handphone namun lebih praktis
dikarenakan,pager tidak memiliki fasilitas lainnya selain sms.Pager hanya bisa
menerima SMS dan tidak bisa mengirim SMS.
- Cara Menggunakan
Tekan nomor pager yang anda tuju lalu ketik yang anda ingin katakan
pada yang anda kirimkan.
- Guna Dari pager
Mengirimkan SMS
kepada orang yang kita tuju dengan cepat dan lebih praktis.Push To Talk
- Definisi
Alat bicara yang ukuran tubuhnya lumayan kecil. Pembicara yg memakainya
harus bergantian dengan lawan bicaranya ,misal:si A berbicara lalu berhenti, si
B menunggu bunyi *beep barulah menjawabnya.Kesimpulannya 1 PTT bisa dipakai
dengan berbanyak orang namun orang-orang yang memakainya harus berbicara secara
bergantian.
- Cara Memakainya
Si A berbicara lalu berhenti,Lawan bicaranya (si B) menunggu bunyi
*beep barulah menjawabnya,begitu juga dengan si c,d,e,f,dan lainnya.2. Media informasi pada Microsoft
windows deletakkan di EKarena system
Microsoft windows adalah suatu bentuk software aplikasi yang belum terinstal
dan terbaca oleh komputer dalam drive E sebagai system masukan dalam suatu komputer yang berbentuk
CD atau DVD , apabila suatu software yang telah terinstal maka akan terbaca
atau tersimpan dalam drive C3. ORGANISASI MAYA (VIRTUAL ORGANIZATION).A. Pengertian Organisai Maya. Virtual Organization atau organisasi maya
adalah sekelompok grup, orang, atau institusi dengan beberapa tujuan yang sama
mereka melakukan sharing sumber daya (komputer) untuk memenuhi kebutuhan
mereka.B. Karakteristik dari Virtual Organisasi:Melintasi Batas Perubahan bisnis environment menuntut suatu perusahaan
atau organisasi untuk lebih fleksibel di dalam melakukan kegiatan produksinya.
Untuk itu perusahaan harus menghasilkan produk yang berkualitas dan sesuai
dengan keinginan penggunanya, sehingga dibutuhkanlah kolaborasi antar
organisasi untuk menentukan minat dari pengguna suatu produk. Dari sinilah
terbentuk Virtual Organisasi yang memiliki yang peranan penting.Berbagi Sumber Daya (Resources) Misalnya adalah toko buku online Amazon
yang menjual berbagai macam buku. Apakah Amazon memiliki buku yang dijual
tersebut? Tentu tidak, Amazon bekerja sama dengan perusahaan lain untuk
mendapatkan stock yang selanjutnya dijual melalui Amazon. Sama halnya ketika
kita menjual buku dari Amazon, kita tidak memiliki buku yang kita jual secara
fisik.Wilayah yang tersebar Misalnya, dalam pengembangan software, kita
berada di Indonesia dan bekerja pada pukul 8AM sampai 16 AM. Tetapi jika kita
memiliki rekan di luar negeri, di US misalnya, saat di Indonesia malam hari, di
sana masih siang, dan dapat digunakan untuk melanjutkan pengembangan software.Anggota yang tidak tetap di dalam virtual organisasi, seseorang bisa
saja berhenti dalam melakukan sharing resource, apalagi ketika tujuan mereka
telah terlaksana. Kenyataanyya di dalam virtual organisasi, selalu muncul
tujuan-tujuan baru yang membuat virtual organisasi tetap exis.C. Framework Virtual Organization Behaviour lima komponen penting yang
membangun organisasi virtual yaitu :1. Virtual knowledge worker yaitu seorang “personal multimedia” yang
menguasai berbagai aplikasi teknologi informasi, mempunyai berbagai ketrampilan
(multiskill), terdidik dan memiliki pengetahuan yang tinggi. Seorang individu
yang efektif memiliki adaptasi, kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam
mengelola berbagai pekerjaan menjadi efektif. Sehingga ia memiliki tingkat
keberhasilan survive; keberhasilan kreativitas dan inovasi; serta keberhasilan
adaptasi yang tinggi (Sange, 1990). Hal ini dapat ia lakukan dengan
kemampuannya dalam belajar tentang efisiensi (learning efficiency) yang tinggi.2. Virtual teamwork yaitu suatu tim yang terbentuk dari penggabungan
hight-tech dan hight-tauch yang memiliki performance tinggi. Bill Gates (1999)
menjelaskan tentang virtual teamwork sebagai tim yang terdiri atas
individu-individu yang mampu bekerjasama secara efektif, saling membangun
gagasan bersama, dan mampu bertindak sesuai dengan tujuan bersama melalui suatu
sistem syaraf digital (digital nervous system). Virtual teamwork mempunyai
corporate IQ yang tinggi hal ini karena kemampuannya meleburkan diri pada misi
dan visi tim dan kemampuannya membuang ego-nya.3. Integrated complexs networks intelligence yaitu kemampuan tinggi untuk
berintegrasi dalam hubungan yang komplek dan saling silang menyilang dalam
jaringan kerja cerdas. Integrasi ini dicapai karena
setiap organisasi saling tergantung akan dukungan sumber daya
dari organisasi lain. Sehingga setiap organisasi memiliki
kemampuan berpikir sistematik tinggi (system thinking). Gates (1999)
menjelaskan system thinking sebagai cara berpikir menyeluruh dalam menilai
sesuatu yang akan menghasilkan pemandangan terhadap sesuatu menjadi efektif.
Setiap organisasi virtual akan merasa menjadi bagian dari sistem dan
perannya menentukan kestabilan dari sistem networks intelligence.4. Complexs matrixs structure yaitu struktur organisasi yang
saling silang menyilang dan mendatar. Struktur organisasi ini
terintegrasi dalam suatu sistem informasi, sangat terbuka (transparant), real
time, sangat fleksibel dan tanpa dinding (without wall). Struktur berikut ini
sebagai suatu infrastructure dimana didalamnya hubungan komando
dalamorganisasi telah hilang. Hubungan antar unit dalam organisasi berdasarkan
kolaborasi yang seimbang. Tidak ada satu pihak yang memerintah dan pihak lain
yang diperintah akan tetapi hubungan didasarkan atas masing-masing pihak mempunyai
otonomi sumber daya.5. Faster learning organization yaitu organisasi yang mempunyai
kecepatan belajar sangat tinggi. Organisasi virtual dibangun atas
kemampuannya yang tinggi untuk belajar beradaptasi dan proaktif terhadap
perubahan lingkungannya. Hal ini dicapai melalui
pengetahuan organisasi yang terus menerus setiap waktu di perbaharui
melalui aplikasi teknologi informasi yang canggih.Aplikasi yang digunakan dalam
organisasi mayaAPLIKASI OAPengolahan kata ( word processing )Penggunaan alat elektronik yang
secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk
menyiapkan dokumen yang ditik atau dicetak.Surat elektronik ( e-mail )Penggunaan jaringan komputer yang
memungkinkan para pemakai mengirim, menyimpan dan menerima pesan-pesan dengan
menggunakan terminal komputer dan alat penyimpananVoice mailSerupa dengan e-mail, namun surat
tidak ditulis tetapi dapat diucapkanKalender elektronikPenggunaan jaringan komputer untuk
menyimpan dan mengambil kalender pertemuan manajer.Konferensi audioPenggunaan peralatan komunikasi
suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar
secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi Konferensi videoPenggunaan peralatan televisi untuk
menghubungkan para peserta konferensi yang tersebar secara
geografis Konferensi komputerPenggunaan jaringan komputer yang
memungkinkan para anggota dengan karakteristik bersama bertukar informasi
mengenai topik tertentuTransmisi faksimiliPenggunaan peralatan khusus yang
dapat membaca citra dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat
salinannya diujung yang lain.VideotextPenggunaan komputer untuk
menampilkan pada layar CRT tentang materi narasi dan grafik yang tersimpan
PencitraanPenggunaan pengenal karakter optis
untuk mengubah catatan-catatan kertas atau microform menjadi format digital untuk
dapat disimpan di dalam alat penyimpanan sekunder.Desktop publishing Penggunaan komputer untuk
menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat mirip dengan yang dihasilkan
typesetter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar